Minggu, 01 Mei 2016

Perubahan Sikap Dan Prilaku Manusia

Mencermati Perubahan Sikap Dan Prilaku Manusia Seiring Perubahan Jaman

Seiring dengan perubahan jaman sikap dan prilaku manusiapun cendrung berubah. Perubahan di maksud tidak hanya terbatas pada berbagai aktifitas yang di lakukan dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari tetapi juga sangat berpengaruh pada perubahan karakter manusia secara berkesinambungan.

Di satu sisi memang di benarkan akan tetapi di sisi lain banyak sekali menimbulkan masalah baru yang seyogyanya harus segera di luruskan.

Sebagai salah satu contoh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa di ibaratkan dua sisi mata pedang di satu sisi memudahkan manusia dalam menjalankan berbagai aktifitasnya namun di sisi lain telah merusak sendi sendi kehidupan yang lain.

Baik dan buruk, benar dan salah memang tidak bisa di pisahkan satu sama lain namun sebagai manusia yang percaya dan meyakini adanya Tuhan sebagai sumber dari segala sumber kebenaran sikap dan prilaku manusia yang kurang baik seharusnya bisa di tekan sekecil mungkin.

Apa yang terjadi saat ini bisa di katakan sudah jauh menyimpang dari norma dan kaedah yang terkandung dalam setiap ajaran agama. Di sadari ataupun tidak perubahan sikap dan prilaku manusia telah menimbulkan ketimpangan di berbagai sendi kehidupan yang lain..

Kesenjangan sosial yang terjadi di mana mana telah menyulut terjadinya berbagai macam tindak kekerasan yang tidak jarang menelan banyak korban. Kerukunan hidup diantara sesama menjadi terganggu yang secara tidak langsung telah melahirkan sifat sifat manusia yang individualistik yaitu sifat sifat manusia yang selalu mementingkan dirinya sendiri tanpa pernah memikirkan kepentingan hidup orang lain.

Ego atau perasaan keakuan manusia secara berlebih di sinyalir sebagai penyebabnya namun sulit sekali di atasi karena pola pikir sebagian besar manusia saat ini sudah berubah. Mereka cendrung lebih memilih kenikmatan duniawi yang bersifat sementara ketimbang memikirkan tujuan akhir daripada kehidupan yang menurut mereka belum jelas adanya. Banyak dari mereka bersikap acuh tak acuh seakan akan tidak peduli lagi apa yang nantinya mereka terima jika ajal sudah menjemputnya.

Kesadaran Manusia Disaat Ditimpakan Musibah

Perubahan sikap dan prilaku manusia saat ini bisa di katakan mengalami kemerosotan moral yang begitu tajam. Sebagian besar manusia sadar akan kekeliruannya jika sudah di timpakan suatu musibah dan itupun ada kalanya bersifat sementara artinya musibah berlalu sikap dan prilaku yang kurang baik kerap dimunculkan kembali.

Sifat dan prilaku seperti itu biasanya banyak menimpa mereka yang tadinya hidup serba kekurangan tiba tiba berubah menjadi serba berkecukupan. Tanpa memahami hakekat dan tujuan daripada kehidupan mereka cendrung akan menjadikan kenikmatan duniawi sebagai sesuatu hal yang tidak akan pernah bisa di lupakannya.

Bercermin dari sifat sifat Ketuhanan yang tidak mengenal akan adanya perubahan, sebagai manusia yang memiliki derajat paling tinggi di bandingkan dengan makhluk hidup lainnya haruslah selalu eling dan berupaya mawas diri agar semua hal yang kita lakukan tidak bertentangan dengan ajaran Nya.

Hidup itu memang pilihan dan setiap manusia memiliki hak untuk menentukan jalan hidupnya masing masing, akan tetapi sebagai sesama manusia kita wajib untuk saling mengingatkan karena keberadaan manusia di dunia ini pada dasarnya memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kesempurnaan akhlak agar nantinya bisa menyatu kembali dengan Tuhan.

Bersikap acuh tak acuh terhadap berbagai kemungkinan buruk yang akan menimpa kita di kemudian hari tentu bukanlah pilihan yang bijak oleh sebab itu jangan pernah hinakan diri di hadapan Nya dengan sikap dan prilaku yang bertentangan dengan sifat sifat Ketuhanan itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar