Jumat, 20 Mei 2016

Agama Dan Budaya

Agama Dan Budaya Merupakan Satu Kesatuan Yang Tidak Terpisahkan

Agama dan budaya dikatakan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan karena agama dalam penyebarannya sangat dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat setempat dimana ajaran agama tersebut pertama kalinya disebarkan.

Namun demikian agama dan budaya tidaklah sama sebab agama adalah wahyu Tuhan yang merupakan sumber dari segala sumber kebenaran itu sendiri sementara budaya adalah kebiasaan atau adat istiadat masyarakat setempat.

Sekalipun budaya bukan merupakan sumber kebenaran yang sesungguhnya namun dalam perkembangannya ada sebuah filosofi mengatakan barangsiapa yang mampu mempertahankan dan melestarikan budayanya mereka akan dikenal di seluruh jagat raya ini.

Sebut saja pulau Bali, kegigihan masyarakatnya dalam mempertahankan budayanya yang unik dengan didukung oleh keramah tamahan penduduknya membuat Bali dikenal di seluruh dunia dan bahkan lebih dikenal di bandingkan dengan Indonesia yang merupakan kumpulan dari ribuan pulau dimana Bali adalah salah satu wilayah bagiannya.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelestarian budaya daerah tampak semakin memudar. Hal tersebut menandakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern tidak serta merta mampu menjawab dan meningkatkan kecerdasan rohani setiap individu yang ada di dalamnya akan tetapi justru sebaliknya.

Menjadikan budaya sebagai perlambang sebuah kebenaran yang sesungguhnya tentulah tidak dibenarkan sebab budaya bukanlah sumber kebenaran melainkan kebiasaan atau adat istiadat masyarakat pada suatu tempat dimana semua kegiatan ataupun aktifitas yang dilakukannya selalu berpedoman pada ajaran agama. Oleh sebab itu tiada kebenaran mutlak di atas muka bumi ini tanpa berpedoman pada ajaran agama yang kita yakini sebagi sumber dari segala sumber kebenaran itu sendiri.

Adanya berbagai macam penafsiran terhadap nilai filsafat yang terkandung dalam setiap ajaran agama tiada lain disebabkan karena ulah manusianya sehingga terjadinya berbagai bentuk intimidasi dan juga tindakan pelecehan terhadap agama tertentu terkadang tidak bisa dihindarkan.

Sungguhpun demikian kita harus selalu waspada sebab mereka yang bersikap seperti itu sesungguhnya adalah orang orang yang tidak mengerti dan memahami ajaran agama. Jangan mudah terhasut olehnya karena itu adalah iblis yang sesungguhnya yang kerapkali berucap dan bertindak atas nama Tuhan.

Setiap agama mengajarkan kepada umatnya untuk bisa saling menghormati diantara pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama lainnya agar terjalin sebuah hubungan yang harmonis sebagai upaya mencari kesempurnaan hidup manusia secara menyeluruh.

Pentingnya Pelestarian Budaya

Supaya bisa dikenang sepanjang jaman budaya atau adat istiadat harus bisa kita pertahankan jangan sampai punah oleh perkembangan jaman sebab budaya merupakan cirikhas ataupun jati diri suatu bangsa dan negara yang menjunjung tinggi warisan para leluhurnya.

Paham Bhineka Tunggal Ika bisa kita jadikan sebuah gambaran bahwa nenek moyang kita sesungguhnya adalah orang orang yang memiliki pemahaman yang tinggi terhadap nilai luhur yang terkandung dalam setiap ajaran agama. Berbeda itu indah dan mereka tidak pernah menjadikan perbedaan itu sebagai musuh melainkan sekalipun berbeda tapi tetap satu juga.

Bercermin dari sikap dan prilaku yang ditunjukan oleh nenek moyang kita terdahulu semua itu bisa kita jadikan panutan agar kelak kesempurnaan hidup dari setiap individu manusia yang ada di dalamnya terus mengalami peningkatan.

Semua budaya bersumber dari ajaran agama oleh karenanya patut kita lestarikan agar tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara bisa berjalan sesuai dengan peruntukannya.

Yang jelas kemajuan sebuah negara tidak bisa diukur dari seberapa besar pendapatan negaranya melainkan seberapa jauh negara itu mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Oleh karena itu menjadi seorang kepala negara tidak hanya di tuntut bisa memenuhi kebutuhan hidup setiap warga negaranya akan tetapi mereka harus mampu meningkatkan kesempurnaan akhlak setiap warga negaranya agar kelak tujuan akhir daripada kehidupan manusia bisa tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar