Minggu, 01 Mei 2016

Panggung Sandiwara

Dunia Adalah Panggung Sandiwara

Dunia ini bisa di ibaratkan sebagai panggung sandiwara dan semua mahkluk hidup yang ada di dalamnya adalah para pelakunya.

Kehidupan manusia dan juga makhluk hidup yang lain bisa juga di gambarkan sebagai sebuah pertunjukan wayang kulit dimana setiap makhluk hidup yang ada di dalamnya memiliki perannya masing masing.

Manusia di katakan memiliki derajat paling tinggi di bandingkan dengan makhluk hidup lainnya karena manusia memiliki akal ataupun pikiran. Dengan akalnya manusia di harapkan mampu memelihara dan melindungi makhluk hidup yang lain agar kehidupan di dunia ini bisa berjalan secara berkesinambungan.

Ibarat kata nasi sudah jadi bubur terjadinya berbagai ketimpangan di atas muka bumi ini hampir semuanya di sebabkan karena ulah manusia namun sebagian besar dari kita tidak serta merta ada yang mau mengakuinya. Entah disadari ataupun tidak berbagai kegiatan ataupun aktifitas yang kita lakukan saat ini cendrung menjadikan alam sebagai objek untuk memuaskan hasrat dan juga keinginan.

Tak hayal manusia yang seharusnya memiliki tanggungjawab untuk memelihara sekaligus melindungi semua makhluk hidup yang lain tampak sangat bertolak belakang dengan kenyataan yang ada.

Tuhan menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya tentu ada maksud dan tujuannya namun perubahan sikap dan prilaku manusia yang memiliki derajat paling tinggi bisa di katakan belum mampu menjalankan perannya.

Secara keilmuan kita mengenal ada yang namanya istilah rantai makanan artinya bahwa semua makhluk ciptaan Nya memiliki keterkaitan satu sama lain. Jika salah satu hilang atau terputus semuanya pasti akan terganggu.

Berawal dari prilaku manusia yang tidak bersahabat seperti misalnya penebangan hutan secara sembarangan, perburuan binatang secara liar dan berbagai bentuk prilaku buruk lainnya telah menimbulkan berbagai bencana seperti apa yang bisa kita rasakan saat ini.

Seakan tak ada hentinya manusia terus berinovasi melakukan perubahan sesuai dengan hasrat dan keinginannya tanpa di barengi dengan upaya pencegahannya. Dan kalau hal ini terus di biarkan bukan sesuatu yang mustahil kehidupan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini akan berangsur angsur punah.

Berbagai bentuk bencana alam telah terjadi seakan akan tidak pernah memberikan efek jera kepada manusia yang haus akan kenikmatan duniawi. Pengrusakan alam terus terjadi tanpa henti, penggunaan bahan bahan kimia kian hari kian bertambah.

Melihat berbagai dampak buruk yang telah di timbulkannya akibat daripada peristiwa alam yang telah terjadi seyogyanya di jadikan sebuah renungan agar kelangsungan hidup manusia dan juga makhluk hidup yang lain tetap terjaga.

Meyakini keberadaan Tuhan tidaklah cukup diucapkan dengan kata kata namun semuanya harus di lakukan dengan sikap dan perbuatan nyata.

Kebiasaan menjalani kehidupan dengan sikap pura - pura kelak akan menjadi bumerang buat kita sendiri oleh sebab itu satu satunya jalan yang bisa kita tempuh untuk menyelamatkan semuanya yaitu kembali kejalan Nya yaitu dengan cara menjalankan segala perintah Nya dan menjauhi semua larangan Nya.

Peran aktif dari semua pihak terutama yang berkaitan dengan upaya memberikan penyadaran kepada setiap umat manusia harus terus di kumandangkan agar kita semua bisa terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan baik untuk kepentingan di dunia maupun di akhirat nanti.

Akankah dunia ini akan kiamat...? bisa ya bisa juga tidak semua tergantung dari niat dan itikad baik setiap insan manusia untuk segera kembali ke jalan yang benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar